Pahlawan itu apa?

Bismillahi-rahamani-rahim

Because today is Indonesia´s Independence day I thought it would appropriate to share another story of some experiences and thoughts with you guys that are connected to the topic of Idols and the question “What is a hero?” Pahlawan itu apa? And maybe even who is a hero?

Tepat tiga tahun yang lalu aku sempat ikut acara 17an-Augustus di SMA di Indonesia dimana aku pernah sekolah. Sebagai special guest di acara teman-teman (sok famous) aku diminta naik ke panggung untuk jawab pertanyaan sang MC: “Pahlawan itu apa?“ Saat itu aku bingung menjawabnya bagamaina. “Pahlawan adalah seseorang yang berkorban untuk orang lain,” ku ingat kata-kata temanku yang ditanya lebih dulu. Aku pun akan menjawabnya begitu. Tapi masa hanya diulang kata-kata yang telah diucapkan orang lain. Saat itu aku ga tau gimana mau mendefinisikan seorang pahlawan lebih lanjut karena aku tidak menemukan jawaban, dan situasinya menjadi sangat awkward namun itu tidak penting untuk cerita ini.

Melihat ke dalam kamus definisi pahlawan adalah “orang yg menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani.” Sering yang dianggap pahlawan adalah seorang superhero seperti Spider Man, Iron Man, Captain America dll, atau seorang veteran yang berjuang untuk negaranya.

Aku mau membuat sedikit analogika berkaitan dengan pengalaman beberapa bulan yang lalu: kita – aku dan Mama- liburan ke kota Kopenhagen, ibu kota Denmark. Wisata paling terkenal disana adalah patung “The Little Mermaid”. Patung seorang putri duyung yang duduk di atas batu. Kita pergi ke sana di hari terakhir, dan itu pun karena diajak kenalan orang Indonesia disana. Mereka heran ketika diceritaian bahwa kita belum pernah lihat patung tersebut. Maka kita langsung diajak ke sana. Kalau bukan karena mereka kita mungkin sama sekali ga akan berkunjung ke sana. Bukan karena kita ga tau tempatnya hanya karena ga ada niat untuk melihat patung perempuan telanjang (setengah telanjang sih). Foto di depan patung tersebut pun juga hanya karena terpaksa (fotonya ga akan dipost karena memang sudah dihapus).

Mungkin kalian berpikir, hubungan sama topik kepahlawanan apa? Walaupun aku tidak berniat berkunjung ke tempat wisata tersebut aku ga menyesal diajak ke sana karena daerahnya itu sangat keren. Jadi disitu ada barak atau bisa di bilang pangkalan militer/asrama militer. Tempat tersebut di kelilingi bukit rumput dan parit air bentuk bintang. Di luar parit itu ada beberapa patung. Selain patung putri duyung tadi, kita juga melewati patung seorang tentara. Tapi tidak ada satu orang pun yang berfoto di depannya. Sedangkan di depan patung putri duyung orang-orang ngantri untuk foto bersamanya. Alasan mengapa orang-orang pada ingin foto bersamanya adalah dongeng “Little Mermaid” yang begitu terkenal. Dan kalau tau ceritanya si putri duyung sebenarnya orang yang sangat egois dan ceritanya sangat sedih. Tapi ku rasa ceritanya kepanjangan untuk di certain disini lagian aku udah agak lupa detail-detailnya.

CIMG8484
The lonely soldier? The ones that gave their lives for the benefit of others.

Inti dari cerita adalah kita harus memilih dengan baik siapa yang kita jadikan pahlawan atau contoh yang kita ikuti. Apakah kita hanya penggemar seorang artis, selebriti, penyanyi karena ia terkenal dan banyak yang suka dengannya? Apakah kita hanya ikut-ikut orang lain karena semua orang melakukannya? Atau kah kita mengambil contoh dari seorang yang memberi manfaat kepada orang-orang di sekitar, kepada teman-teman dan keluarganya bahkan untuk seluruh umat manusia?

Waktu aku sekolah di Indonesia, ketika sedang remedial pelajaran agama, aku diminta oleh guruku untuk sebut 10 nama sahabat Rasulullah. Karena saking bingungnya untuk menjawab soal tersebut dikurangi 4 oleh gurunya. Itu saja masih terasa susah bagiku. Dan di saat itu aku ngerasa sangat malu. Kalau diminta untuk sebut 10 artis yang ngehits tahun sekian pasti lancar. Tapi, manfaatnya apa? Diminta sebut 10 sahabat Rasulullah harus mikir-mikir dulu. Padahal seharusnya bukan hanya nama tapi juga kisah-kisah mereka yang disebut dengan lancar. Yang pasti itu jauh lebih besar manfaatnya. Bukan hanya kisah-kisah sahabat, Sirah Nabawiyah saja belum lengkap. Disaat ini pun aku belum mampu untuk menceritakan kisah-kisah sahabat dengan tuntas apalagi mendalaminya. Tapi yang penting berusaha kan? Terus belajar dan mencari ilmu yang bermanfaat untuk akhirat dan dunia pun. Dikit demi sedikit.

Mari kita beranjak bersama. Langkah demi langkah agar menjadi manusia yang lebih baik dan berkontribusi untuk umat yang lebih baik pula. Mengambil contoh dari orang-orang hebat yang berbakti kepada masyarakat dan taat kepada Allah. Semoga kita akan bersamanya di dalam surga. Allahumma Amin!

Misalkan kalian suka sama artis, youtuber atau semacam itu, ga ada salahnya juga menurutku. Asal introspeksi diri, apakah ada dampak positif yang dia berikan? Apakah pantas untuk mengambil contoh darinya? Apakah dia  worth it jika kita mengikuti dan menyukainya?

Dan yang penting jangan lupa siapa yang paling pantas untuk menjadi contoh hidup kita. Langsung tau jawabannya atau harus mikir dulu? Insyaa Allah langsung tau ya.

Tentu Rasulullah salallahu alahi wa salam.  Sebagaimana pun kita mengagumi seseorang, jangan lupa yang paling pantas untuk kita kagumi adalah Muhammad al-Mustafa ibn Abdullah ibn Abdul-Muttalib (biar hafal nama lengkapnya, tapi belum lengkap banget juga sih;)). Kalau kamu lagi mikir “Sebenarnya harus mengagumi beliau untuk apa ya?” Coba baca sirahnya. Pasti kagum banget deh. Perjuangannya, perngorabanannya, ujiannya, dan tetap beliau adalah orang yang sederhana, dengan akhlak paling mulia. Kalau cerita semuanya disini sampai deadline juga ga selesai (deadline apa emang?). Mending ambil sirah lalu baca, simak, pelajari, pahami dan berusaha untuk mempraktekannya. Yap! Seperti dengan al-Quran. Btw belajar sirah Nabawi paralel sama al-Quran ya, jangan malah jadi dikebelakangkan.

For the moment enough to that. Semoga diberi kemudahan dalam perjuangan kita semua agar menjadi muslim yang hebat dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan kita!

Wallahu ´alam bi syawab

 

Advertisements

5 thoughts on “Pahlawan itu apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s