Di Jerman ada pantai gak?

Seperti udah di ceritakan di posting sebelumnya: Iya, Jerman ada pantai. Tapi pantai di jerman mungkin agak beda sama pantai di Indonesia. Tetap umumnya pasir bertemu dengan air laut (ada juga yang bertemu dengan air tawar). Berikut beberapa informasi singkat tentang pantai dan laut di Jerman:

  1. Garis pantai jerman adalah 2.389km jauh lebih sedikit dipanding sama garis pantai Indonesia (who would have thought that? :0). Permukann dan jumlah penduduk jerman juga jauh lebih sedikit ko.
  2. Jerman punya 29 pulau di dalam Nordsee (laut utara) dan Ostsee (laut timur). Selain itu masih ada puluhan pulau pulau kecil di dalam beberapa danau besar dan tempat2 lain (jujur aku juga ga tau pulau2nya berada di mana, pokoknya lebih banyak yang orang sangka).
  3. Umumnya pantai di jerman sangat bersih karena orang2 memang peduli dengan linkungan terutama di tempat2 wisata.
  4. Ada bagian pantai yang khusus untuk berenang. Kalau lagi udara panas disana rame banget (jadi diriku suka males kesana). Ada beberapa pantai lain dimana dilarang berenang karena tidak ada Lifeguard disana.
  5. Kalu musim dingin pantai biasanya sepi, udara dingin memang ga bisa berenang. Tapi kalau dingin banget bisa jadi airnya beku dan bisa main ice skating di pantai. Seru kayaknya, aku belum pernah mengalami. Memang udah lumayan lama ga dingin banget di Jerman. Mungkin efek Global Warming ya.
  6. Di Nordsee dan juga Ostsee ada arus air laut, jadi kadang ada air kadang tidak. Pergantian kedatangan dan kepergian air bisa ada sampai 4 kali sehari. Kalau airnya lagi pergi kamu bisa jalan dari daratan sampai pulau atau dari pulau ke pulau. Tapi sebaiknya jangan jalan sendiri. Mending ikuti group atau bawa orang yang pengalaman karena jika air laut kembali, bukan dari satu arah tapi dari mana2 dan airnya naik dengan cepat. Seringkali ada orang yang tenggalam karena kepedean pergi sendiri tapi kurang pengetauan tentang arus air laut. Pernah ada film horror jerman yang menceritakan kisah seorang anak yang ditinggalkan teman2 dalam lumpur datar ketika mereka main petak umpet. Dia meninggal dan kembali sebagai hantu untuk membalas dendam kepada teman2 dan anak2 mereka. It was the first horror film I´ve ever watched and one of the best. Judulnya “Gonger”, sangat recommended.(Ga penting banget sih)

Sebelum makin ga jelas cukup dulu deh informasi tentang pantai, laut dan film horror jerman. Finally satu contoh pantai yang kita kunjungi ketika liburan kemarin:

IMG_20160819_115721
Salah satu pantai di pulau Norderney, Nordsee, Jerman.
Advertisements

2 thoughts on “Di Jerman ada pantai gak?

  1. Nice post! Adik fluent in Indonesian, did you learn it from birth? I’m just too curious. I’m trying to teach my 2.5 yo son Indonesian, and it has been a struggle 🙂
    Salam kenal, -L

    Like

    1. Makasih ka. Yes my mother spoke Indonesian with me since I am little and we were many times in Indonesia. Honestly I forgot a lot when I grew up but going to Indo and meeting people there became a good motivation and practice to speak and also write Indonesian.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s