Liburan silaturahim di tempat keluarga jerman

Akhirnya ujian selesai (Yeeayyy). Sebenarnya udah sejak tiga minggu, cuma nunggu Papa cuti, tiba waktunya untuk berlibur. Tahun ini kite milih untuk berlibur di jerman saja. Awalnya aku sempet mikir, ga asik ah, ga keluar negeri. Padahal untuk jalan2 dan refreshing ke tempat bagus ga usah jauh2. Sekalian hemat waktu perjalanan dan hemat duit. Hematnya juga karena kita berkunjung ke rumah Tante, kakanya Papa, jadi ga perlu cari akomondasi. Niat ke tempat saudara bukan karena mau hemat, jangan salah ya. Niat pertama adalah silaturahmi dan juga berdakwah, apalagi kalau keluarga bukan Muslim.

Oh iya mungkin ini perlu sedikit tambahan. Papaku orang jerman mualaf. Dia satu2 nya dari keluarga jerman yg beragama Islam, mungkin bisa di bilang satu2nya yang beragama. Aku bukan bermaksud menilai mereka tapi dari apa yang aku mengalami sebagian besar dari keluarga jerman udah tidak mengikuti agama lagi. Memang itu fenomena umum disini. Banyak yang suka bilang jerman adalah negara kristen. Tapi sebagian besar dari penduduk jerman sudah tidak peduli dengan agama. Ada yang menganggap diri sendiri sebagai atheis, ada yang mungkin bisa di bilang kristen KTP yang hanya ikut2an adat2 tradisional (walaupun di Jerman Status agama tidak ditulis die KTP). Tapi ini beda cerita. Back to the topic. Jadi kami liburan di tempat Tante yang tinggal dekat Nordsee, laut utara jerman. Dia tinggal berdua bersama anak satu2nya, sepupu ku. Umur kita beda sekitar sepuluh tahun. Terutama kita mau berkunjung ke tempat mereka karena udah lama ga ketemu, sekitar 4 tahun. Dan terakhir kita kesana, aku masih SD kalau ga salah. Intinya udah lama banget. Dan sebagai Muslim kita kan wajib untuk memperkuat tali silaturahmi, terutama dengan saudara walaupun mereka tidak Muslim. Dan ini pertama kali tante dan sepupu melihat Mama dan aku berpakai hijab. Jadi kita juga agak penasaran reaksi mereka bakal kaya gimana. Dan mereka baik2 saja seperti kita nyangka. Memang ga pernah ada masalah sama keluarga Papa bawha kita Muslim dan mengikut apa yang kita percayai, Alhamdulillah. Hanya ada beberapa kejadian lucu selama liburan di Ostfriesland (nama lama wilayah jerman utara barat). Abis kita jalan2 ke kota, ke pantai, atau mana pun sepupuku suka cerita bawha kita menarik fokus orang2 di sekitar. Papa yang berpakaian seorang touris wajah jerman asli jalan bersama dua perempuan berkerudung, tambah gamis panjang dan kaca mata hitam. Di karenakan penampilan itu (kerdung panjang dan gamis warna gelap + kacamata hitam), aku suka di panggil touris arab sama Papa. Biar sama2 tourislah, cuma dari beda sudut bumi. Dan kalau sepupu ku cerita agak kerasa ketidaknyamanannya. Bukan tidak nyaman jalan bersama kita. Hanya dia menhindari mengucap kata2 seperti „Kerudung“, „Muslim“ dan semacem itu. Dia sebut kita dengan dua perempuan „exotis“. Mungkin dia takut berkata salah padahal memakai kata2 itu ga masalah untuk kita. Jujur, diriku sendiri ga pernah sadar kalau ada orang yang ngeliat kita. Satu contoh pas kita masuk toko kue sepertnya pelayan keliatan bingung apa bisa menguna bahasa jerman atau harus pakai bahasa inggris untuk nanya kita. Ketika aku mulai nyapa dan bertanya duluan dengan bahasa jerman yang fasih. Aku baru tau dia keliatan bingung setelah di ceritain sama sepupu. Mungkin aku udah terlatih karena tiap hari berjalan di antara orang2 dimana aku not fit in the picture.

Ada beberapa kejadian lain yang aneh sampai lucu. Mungkin aku akan ceritakan dalam post berikutnya. Don´t miss it!

Teman2 di Indonesia suka nanya apa di jerman ada pantai. Iya, ada dong. Ada beberapa hal yang beda dengan pantai di Indonesia. Kalau mau tau lebih dalam nunggu posting selanjutnya!

Di bawah aku akan masukin beberapa foto dan impresi perjalanan kita di Nordsee. Selain pantai kita juga berkunjung ke beberapa tempat dimana kita bisa melihat budaya orang2 Ostfriesland  yang disini dipanggil Ostfriesen.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s